Thursday, May 21, 2015

Artikel teologi islam

                                                   Artikel teologi islam
olehmoh.Kamilus Zaman

Fundamentalisme agama dalam bentuknya yang destruktif kian menguat sebagai gejala sosial yang meneror tatanan keberagamaan masyarakat. Selepas peristiwa WTC 11 September 2001 lampau, wacana ini sempat meredup dan kemudian menyala kembali akibat maraknya tragedi kemanusiaan yang didakwa kuat bermotif fundamentalisme agama sebagai biang keladinya. Terutama di dalam negeri, eksposing terhadap diskursus ini bukan hanya di"ecer" oleh mass media, namun akhir-akhir ini sudah mulai terkemas dalam penyajian yang lebih argumentatif dan mendalam, yakni lewat penerbitan buku.
Dalam dua bulan terakhir, tercatat setidaknya empat pustaka serius yang mencoba mengulas hal ini dari pelbagai dimensi. Buku Aku Melawan Teroris (Imam Samudera, Jazeera), Islam Sebagai Tertuduh (Akbar S. Ahmed, Arasy), Muslim, Dialog dan Teror (Chandra Muzaffar, Profetik) serta Negara Tuhan: The Thematic Encyclopaedia (Agus Maftuh, SR-Ins Team) hadir bertandang nyaris bersamaan ke ruang baca khalayak. Ada yang bermaksud meneguhkan opini dan ada pula yang berkeinginan mengusiknya
Bila tiga buku pertama secara apologis berusaha membela kaum muslim dari stigma dan atribusi teroris yang selama ini dilekatkan padanya, buku yang terakhir sebaliknya hendak membuktikan bahwa radikalisme agama bukan isapan jempol belaka. Sembari mengajak kita untuk merenungi realitas keberagamaan yang mulai terancam, buku "1000 halaman" ini secara meyakinkan membeber bukti lapangan bahwa jaringan terorisme bukanlah fakta fiktif. Sebaliknya, ia merupakan organisme gerakan ideologis yang menanam akar di masyarakat. Karenanya, perlu kebersamaan dan kewaspadaan ekstra guna mencegahnya seoptimal mungkin.
Tentu harapan kita, beragam pembahasan perihal radikalisme beragama, dengan ciri utama praktik teror, turut berjasa membuat kaum beragama untuk jera sembari terus-menerus berkaca: sejauh mana kesadaran keagamaan masing-masing kita serta seluas apa pengaruhnya terhadap lingkungan sosial.
Sebenarnya, topik fundamentalisme agama adalah langgam lawas yang sudah terlalu kerap diulas. Namun pemunculannya yang senantiasa aktual, menyebabkan isu ini krusial untuk selalu dicarikan solusi. Persoalannya, fundamentalisme macam ini lebih sering muncul dalam wujud yang negatif. Ia lebih banyak dibungkus dengan nalar perlawanan, logika permusuhan serta –meminjam istilah John L. Esposito– ideologi kebencian. Padahal sudah tak terhitung lagi korban kemanusiaan yang menjadi "tumbal" akibat disharmoni hubungan lintas agama sepanjang sejarah.
Jika resistensi terhadap Barat dengan segala produk peradaban yang dihasilkannya dituding sebagai penyebab timbulnya fundamentalisme dalam Islam, maka bagaimana pula dengan fundamentalisme yang juga menyergap komunitas beragama lain di luar Islam? Karen Armstrong secara empatik menyebut bahwa tak bisa disangsikan, benih fundamentalisme ada dalam setiap agama.


No comments:

Post a Comment