Tuesday, February 6, 2018

Negara Berkembang dan Maju



Negara Berkembang dan Maju

1.      Arab Saudi
Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab.Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al-Khali. Bangsa Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara.
Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman dan Laut Merah.
Bentuk Pemerintahan
Adapun bentuk pemerintahan Arab Saudi adalah  Kerajaan Ibu kotanya adalah Riyadh. Kewenangan Raja memegang fungsi  legislatif, eksekutif, dan yudikatif.
Kekayaan Negara Arab Saudi
·       Kekayaan kerajaan arab saudi pada minyak bumi dan petrokimia  terutama setelah ditemukannya sumber sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938.
·       Kota-kota yang terkenal di wilayah ini selain kota suci Mekkah dan Madinah adalah Kota Riyadh sebagai ibukota kerajaan, Dammam, Dhahran, Khafji, Jubail, Tabuk dan Jeddah.
·       Luas Wilayah 2.240.350 km2 (4/5 Semenanjung Arab) [17 kali luas pulau Jawa yang seluas 132.107 km2]. penduduk 25 juta jiwa (estimasi Sabb tahun 2007) 22,67 juta jiwa (sensus 2004) dengan jumlah penduduk non-Saudi sebanyak 6,14 juta (27,1%) [77% tinggal di perkotaan dan 23% di pedesaan] [penduduk terkonsentrasi di tiga propinsi: Makkah 25,6%; Riyadh 24,1%; dan Wilayah Timur 14,8%].  dan  29,195,895  per July 1, 2012
·       Lagu kebangsaan : Al-Salam al-Malakiy (Salam Kerajaan).
·       Lambang negara : Pohon kurma diapit oleh dua bilah pedang yang terletak persilangan. Pohon Kurma melambangkan pertumbuhan dan kemakmuran, sedangkan pedang melambangkan keadilan dan kekuatan sebagai dasar kepercayaan.
·       Agama : Islam. Mayoritas Sunni. Pengikut Shiah sekitar 5% kebanyakan di wilayah timur: Qatif, Sayhat, Safwu /dekat Dammam, dan Al-Hasa
·       Bahasa : Arab dan Inggris
·       Mata uang : Saudi Riyal (SR) (sejak 1986 nilai tukar dipatok US$1= SR3,75; SR 1 = US$0,266 = ± Rp2.600,-). Uang kertas dgn nominal: SR 1, 5, 10, 50, 100, dan 500, sedangkan uang logam dgn nominal: 5, 10, 25, 50, dan 100 Halalah (100 Halalah = 1 riyal).
·       Hari libur : Jumat dan sabtu Idul Fitri, Idul Adha umumnya libur 2 minggu. Mulai tahun 2005, Pemerintah menetapkan tanggal 23 September sebagai hari libur nasional
·       Kode telepon : Kode negara (966); kode wilayah: Riyadh (1), Jeddah/Makkah (2), Madinah (4).

2.      Mesir
Profil Singkat
Nama Negara                : Republik Arab Mesir
Luas Wilayah               : 1.001.449 km2
Bentuk Pemerintahan   : Republik
Kepala Negara             : Presiden
Kepala Pemerintahan   : Perdana Menteri
Ibu kota                        : Kairo
Merdeka                       : 28 Februari 1922
Lagu Kebangsaan         : Na Ni An Be Au Tu Da To Samil Ma Kam
Bahasa                          : Arab (bahasa resmi), Inggris, Prancis
Agama Mayoritas         : Islam
Jumlah Penduduk         : 72.100.000 jiwa (tahun 2003)
Mata Uang                    : Pound Mesir
a. Keadaan Alam
Secara Astronomi, Mesir terletak di antara 22°LU - 32°LU dan 24°BT - 38°BT. Secara geografis Mesir terletak di kawasan Afrika Utara, di sudut Timur Laut Benua Afrika.

Berikut ini batas-batas wilayah negara Mesir.

1) Sebelah Utara : Laut Tengah
2) Sebelah Barat : negara Libia
3) Sebelah Selatan : negara Sudan
4) Sebelah Timur : Laut Merah dan Israel
b. Penduduk
Jumlah penduduk Mesir tahun 2003 sekitar 72.100.000 jiwa, dengan tingkat pertumbuhan 2,1% per tahun. Usia harapan hidup sekitar 68 tahun, dengan rata-rata pendapatan perkapita penduduk sebesar US$ 3.560. Penduduk yang tinggal di pedesaan sekitar 57%.Lebih dari 90% penduduk Mesir memeluk agama Islam, hanya sekitar 8% yang beragama Kristen.
Bahasa resmi adalah bahasa Arab, tetapi mereka juga berbahasa Inggris.Masyarakat Mesir dikenal mempunyai kebudayaan yang tinggi sejak zaman purba.Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan-peninggalan bersejarah berupa piramida dan Sphinx di Giza.
Piramida yang terbesar dibangun bagi Cheops atau Khufu pada tahun 27 sebelum Masehi. Piramida tersebut dijaga  oleh Sphinx, yaitu bangunan patung berbadan singa berkepala manusia. Piramida adalah kuburan raja-raja Mesir kuno
c. Perekonomian
Mesir tergolong masih agraris.Hasil-hasil pertanian utama adalah gandum, beras, gula tebu, minyak zaitun, dan kapas.Pertanian dibudidayakan di sekitar Lembah Sungai Nil.Untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah aliran Sungai Nil dibangun tiga waduk utama, yaitu Aswan, Assyut, dan Kairo.

Kegiatan industri juga berkembang baik, utamanya adalah industri tekstil dengan bahan katun dan wol. Industri kimianya antara lain pupuk dan semen. Kota-kota industri utama adalah Kairo, Iskandariah, dan sekitar Terusan Suez.

Kota Iskandariah terkenal dengan pabrik rokok Camelnya.Pariwisata juga menjadi salah satu andalan Mesir, karena negeri ini kaya dengan peninggalan-peninggalan kuno, seperti piramida, Sphinx, obelisk, dan huruf hyroglyph.

Di sektor perdagangan, Mesir mengekspor kapas, padi, benang tenun, tekstil, dan rokok. Barang barang yang diimpor antara lain mesin-mesin, batu bara, kayu lapis, dan bahan-bahan minuman. Pelabuhan terbesar adalah Iskandariah.

Pertambangan juga merupakan pilar ekonomi Mesir.Minyak bumi dihasilkan di daerah Qattarana dan El Alamien.Fosfat di daerah pantai Laut Merah, Mangan di pantai Barat Sinai, dan bijih besi dihasilkan di sebelah Timur Bendungan Aswan.

Perekonomian Mesir berkembang pesat sejak dinasionalisasikannya Terusan Suez.Keberadaan Terusan Suez benar-benar menggelembungkan pendapatan nasional Mesir.

3.      Meksiko
Menurut letak geografisnya Negara meksiko terletak di daratan amerika utara yg paling selatan.Meksiko merupakan salah satu Negara bekas jajahan spanyol di benua Amerika.Nama resmi Negara meksiko adalah Estados Unides Mexicanos.Ibu kotanya adalah Meksiko City
Meksiko terletak antara 15 derajat LU-33 derajat LU dan 88 derajat BB-118derajat BB sehingga sangat dipengaruhi oleh iklim tropis oseanik. Luas wilayah Negara meksiko adalah 1.958.201 km paersegi
Batas-batas wilayah Meksiko :
Utara : Amerika Serikat
Timur : Teluk Meksiko dan Laut Karibia
Selatan : Samudera Pasifik, Guatemala dan Belize
Barat : Samudera Pasifik

a. Keadaan Alam
Wilayah Meksiko sebagian besar terdiri atas daratan tinggi yg diapit oleh pegunungan-pegunungan yg membujur dari utara kea rah tenggara.
Pegunungan yg menghadap ke teluk meksiko disebut Sierra Madre Oriental.Dataran rendah terdapat di sebelah barat dan timur.Kebanyakan sungai pendek dan mengalir dari jajaran pegunungan ke pesisir.

b. Iklim
Beriklim tropis dan subtropik
Berdasarkan ketinggian, di bagi menjadi
1. Zona panas : 0-750m
2. Zona sedang : 750m-1825m
3. Zona dingin : 1825m-3650m
4. Zona beku : di atas 3650m
c. Budaya
1. Memiliki budaya yg tinggi
2. Telah memiliki istana-istana, system pemerintahan pandai membuat tarikh (almanak)
3. Dalam bidang seni, social, budaya, dan lain-lain telah memiliki kebudayaan yg tinggi, yg merupakan warisan dari penduduk asli meksiko yaitu asli keturunan india

d. Perekonomian
Meksiko kaya akan minyak bumi, merupakan Negara ke-10 penghasil minyak bumi, berkembang cukup pesat, Meksiko mampu meningkatkan perekonomiannya dari sector pertanian dan sector industry. Kedua sector itu merupakan penompangperekonomian meksiko, bahkan sector sector industry dan pertambangan jauh lebih besar dari sector pertanian.Meksiko juga mengembangkan sector peternakan. Hubungan dagang dengan negar lain semakin di tingkatkan

e. Penduduk
1. Sebagian besar tinggal di daratan tinggi tengah yg lahannya subur
2. Penduduk asli meksiko adalah etnis india (suku astek)
3. Sekarang sebagian besar adalah keturunan dengan orang negro disebut Zambo
4. Keturunan orang kulit putih dengan negro disebut mulat
5. Bahasa resmi yg di pergunakan adalah bahasa spanyol

f. Bentuk Pemerintahan
Adalah republic, kepala Negara dan kepala pemerintahan adalah Presiden.Meksiko terdiri dari 31 negara bagian dan 1 distrik federal.



PETA WILAYAH INGGRIS


Alat Reproduksi

1.      Alat Reproduksi Wanita

2.      Alat Reproduksi Pria

No comments:

Post a Comment