Monday, April 6, 2015

Dukungan Sosial



Dukungan Sosial

No.
Aspek
Indikator
Deskreptor
Item
Favorable
Unfavorable
1
Dukungan emosional
Memberikan rasa empati, kepedulian, dan perhatian
Empati adalah proses kejiwaan seseorang individu larut dalam perasaan orang lain baik suka maupun duka, dan seolah-olah merasakan apa yang dialami oleh orang tersebut.
Peduli adalah suatu tindakan yang didasari pada keprihatinan terhadap masalah orang lain
Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis yang tertuju pada suatu objek yang datang dari dalam dan dari luar individu.
1.      Saya akan memberikan perhatian kepada teman saya agar teman saya mendapatkan rasa nyaman
2.      Ketika teman saya mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas saya akan membantunya
3.      Saya mendengarkan cerita teman saya ketika dia mengalami kesulitan dengan penuh perhatian
4.      Saya dapat merasakan apa yang dirasakan teman saya ketika dia mendapatkan masalah
5.      Ketika teman saya malas belajar, saya akan mengajak dia untuk belajar bersama-sama.
1.      Saya tidak pernah memperhatikan keadaan teman saya
2.      Saya tidak suka membantuk teman sama yang sedang mengalami kesulitan
3.      Saya acuh tak acuh ketika teman saya mempunyai masalah
4.      Saya tidak mau ikut campur dengan permasalahan teman saya
5.      Saat teman saya tidak mau belajar maka saya akan ikut malas belajar
2
Dukungan penghargaan
Memberikan ungkapan penghargaan positif
Memberikan ungkapan yang positif saat mengalami kesulitan sehingga individu merasa dihargai.
1.       

Memberikan dorongan atau persetujuan dengan gagasan  atau  perasaan  individu  dan  perbandingan  positif  individu  dengan orang-orang lain.
Misalnya memberikan perbandingan dengan orang-orang yang kurang mampu atau lebih buruk keadaannya.


3
Dukungan instrumental
Memberikan bantuan langsung berupa jasa, waktu, dan uang
Bantuan dukungan langsung yang berupa jasa, waktu dan uang.  Misalnya pinjaman uang bagi individu atau pemberian catatan mata pelajaran saat dia mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas. Dukungan ini membantu individu dalam melaksanakan aktivitasnya.


4
Dukungan informatif
Pemberian nasihat, petunjuk-petunjuk, saran-saran, informasi, dan umpan balik tentang bagaimana seseorang harus berbuat untuk tercapainya pemecahan masalah
Dukungan ini membantu individu mengatasi masalah dengan cara memperluas wawasan dan pemahaman individu terhadap masalah yang dihadapi. Informasi tersebut diperlukan untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah secara praktis.


5
Dukungan jaringan sosial
Merupakan perasaan keanggotaan dalam suatu kelompok, saling berbagi kesenangan dan aktivitas sosial.
Ketika individu ada di dalam suatu kelompok individu itu diakui dan dapat berbagai kesenangan dalam aktivitas sosial.



No comments:

Post a Comment