Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP ……………………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VII/1
Materi Pokok :
Lebih dekat Kepada Allah SWT yang sangat Indah
Nama-Nya
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.2
|
Beriman
kepada Allah Swt
|
1.
Menjelaskan pengertian iman kepada
Allah Swt.
2. Menyebutkan
dalil naqli tentang iman
kepada Allah Swt.
|
2
|
3.1
|
Memahami makna Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’,
dan al-Bashir
|
1. Menjelaskan pengertian al-Asmaul-Husna
2. Menyebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’,
dan al-Bashir
3. Menjelaskan
makna al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
3
|
4.1
|
Menyajikan
contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
1.
Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: al-’Alim
2.
Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: al-Khabir
3.
Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: as-Sami’,
4.
Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: dan al-Bashir
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
Setelah
mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.
Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
b.
Menunjukkan dalil aqli dan naqli terkait dengan iman kepada Allah.
c.
Mengidentifikasi perilaku
beriman kepada Allah.
d.
Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada Allah.
2. Pertemuan ke-2
a.
Menjelaskan pengertian al-Asmaul-Husna
b.
Menyebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
c.
Menunjukkan dalil naqli tentang al-Asmaul-Husna : al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
d.
Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
3. Pertemuan ke-3
a.
Menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan terhadap sifat
al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’,
dan al-Bashir.
D. Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
a.
Pengertian iman
kepada Allah Swt.
b.
Dalil aqli dan naqli tentang iman
kepada Allah Swt.
2.
Pertemuan
ke-2
- Pengertian al-Asmaul-Husna
- Pengertian al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
- Makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
3.
Pertemuan ke-3
a.
Perilaku yang mencerminkan meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan
sehari-hari.
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode
Scientific
a. Pendekatan : Saintifik dan Project Basic Learning ( mind mapping )
b. Metode : Ceramah, bermain peran
(role playing ), diskusi, tanya jawab dan penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
a. VCD pembelajaran
b. Power Point
c. Gambar
d. Teks naskah bermain peran
2.
Alat
a.
LCD/TV/Laptop
b.
Kertas karton/HVS
c.
VCD Player
d.
Speaker active
3.
Sumber Belajar
a.
Muhammad
Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas VII. Jakarta:
ESIS Erlangga.
b.
Mustahdi
dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan
al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh
salah seorang peserta didik.
3)
Guru memperhatikan kesiapan diri peserta
didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi iman kepada Allah.
5)
Guru menyampaikan kompetensi
dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berkelompok.
7)
Menyampaikan tahapan kegiatan
yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit)
1)
Mengamati:
a) Guru menyajikan tayangan video/suara/gambar/tulisan
tentang Iman kepada Allah
b) Peserta didik mengamati tanyangan video/suara/gambar/tulisan
tentang Iman kepada Allah
c) Guru menyajikan dalil-dalil
naqli tentang iman kepada Allah
d) Peserta didik membaca dan
mengamati dalil-dalil naqli tentang iman kepada Allah
2)
Menanya:
a)
Guru memberi
kesempatan peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan mengenai Iman kepada Allah
b)
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai dalil-dalil naqli tentang iman kepada
Allah.
c)
Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang iman
kepada Allah dan dalil-dali naqlinya.
3)
Eksplorasi
a)
Peserta didik
dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai
dengan tema yang telah ditentukan (pengertian, dalil aqli dan naqli, ciri-ciri perilaku
dan hikmah beriman kepada Allah Swt.)
4)
Asosiasi:
a) Setiap kelompok membuat simpulan mind mapping menghubungkan pengertian, dalil aqli dan naqli, ciri-ciri perilaku dan hikmah beriman kepada Allah
Swt.
5)
Komunikasikan:
a) Secara bergantian masing-masing kelompok
mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan
memberikan tanggapan.
c. Penutup (20 menit)
1) Guru
memberikan penguatan materi tentang iman kepada Allah.
2) Guru
bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik.
3) Guru
melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses
pembelajaran.
4) Guru
bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
5) Guru
memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan tugas
mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
8) Guru bersama-sama para peserta didik menutup
pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan 2
Pendahuluan (15 menit )
1)
Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan
pembacaan al-Quran surah ayat
pilihan yang dipimpin oleh salah
seorang peserta didik.
3)
Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4) Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pembelajaran.
5) Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berkelompok.
7)
Menyampaikan tahapan kegiatan
yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
a. Kegiatan inti (90
menit)
1)
Mengamati:
a) Guru menyajikan
tayangan video,
gambar, tulisan, tentang al Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
b) Peserta didik mengamati
tayangan video, gambar, membaca buku teks tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
c)
Peserta didik dalam satu kelompok saling menyimak bacaan ayat-ayat
Al-Qur’an beserta artinya tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
2)
Menanya:
a)
Guru mempersilahkan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang apa yang diamati melalui
video, gambar, buku teks, Al-Qur’an tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
b)
Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang apa yang
diamati melalui video, gambar, buku teks, Al-Qur’an tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
c)
Guru mencatat seluruh pertanyaan peserta didik, bersama-sama peserta
didik memilih pertanyaan yang diangkat dalam diskusi.
3)
Mengumpulkan informasi (Eksplorasi)
a)
Peserta didik
dikelompokkan menjadi beberapa kelompok
(sesuai kebutuhan) untuk berdiskusi dan mempelajari tentang pengertian dan makna al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
4)
Mengasosiasi:
a) Peserta didik secara
kelompok membuat konsep tentang pengertian dan makna al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
5)
Mengkomunikasikan:
a) Setiap
kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya.
b) Setiap
kelompok memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lainnya.
c. Penutup (15 menit)
1)
Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian
dan makna al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir).
2)
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi peserta didik.
3) Guru
melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses
pembelajaran.
4) Guru
bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
5) Guru
memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
6) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan tugas
mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
8) Guru bersama-sama para peserta didik menutup
pelajaran dengan berdoa.
3.
Pertemuan
ke-3
a.
Pendahuluan (15 menit )
1)
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2)
Guru memulai pembelajaran dengan
pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
3)
Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian
pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4) Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pembelajaran.
5) Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berkelompok.
7)
Menyampaikan tahapan kegiatan
yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90
menit)
1)
Mengamati:
a) Peserta didik mengamati
tayangan video, gambar, teks cerita tentang perilaku yang terjadi dimasyarakat
yang mencerminkan meneladani al Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
2)
Menanya:
a)
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang berbagai macam perilaku yang
terjadi dimasyarakat yang terkait dengan Asmaul-husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir) yang diamati.
3)
Mengumpulkan
informasi (Mengeksplorasi):
a)
Secara
kelompok, peserta didik berdiskusi
menyusun dan mempelajari skenario yang akan ditampilkan untuk memerankan sosio
drama yang mencerminkan perilaku meneladani Asmaul-husna (al-‘Alim, al-Khabir,
al-Sami’, al-Bashir)
4)
Mengasosiasi:
a) Peserta didik secara kelompok
mencoba menampilkan peran sesuai dengan peran masing-masing dalam kelompok yang mencerminkan perilaku
meneladani al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
5)
Mengkomunikasikan:
a) Peserta didik secara
kelompok menampilkan sosiodrama sesuai peran masing-masing di hadapan kelompok
lain yang mencerminkan perilaku meneladani al-Asmaul-Husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
b) Peserta didik dari
kelompok lain memberikan komentar/tanggapan terhadap
prilaku yang ditampilkan sesuai dengan konsep pembelajaran Asmaul-husna (al-‘Alim,
al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
c. Penutup (15 menit)
1) Guru
memberikan penguatan terhadap materi yang disampaikan
2) Bersama-sama
peserta didik, guru menarik kesimpulan dari seluruh tampilan.
3) Guru
melakukan post test terhadap
pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru
bersama-sama para peserta didik
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru
memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
6) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan tugas
mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
8)
Guru bersama-sama para
peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
1).
Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Meyakini
bahwa Allah Swt. mengetahui semua yang ada di langit dan di bumi.
|
Terlampir
|
2
|
Meyakini
bahwa ilmu yang saya dapatkan adalah hasil jerih payah semata.
|
Terlampir
|
3
|
Berbaik
sangka kepada Allah Swt. dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang
terjadi pada orang tersebut.
|
Terlampir
|
4
|
Meyakini
bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia diketa-hui Allah Swt.
|
Terlampir
|
5
|
Meyakini
bahwa saya boleh berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
2).
Sikap sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk
Instrumen :
Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Suka menolong teman yang membutuhkan bantuan
|
Terlampir
|
2
|
Suka berkata jujur
|
Terlampir
|
3
|
Tidak pernah berbuat curang ketika mengerjakan
ulangan.
|
Terlampir
|
4
|
Selalu taat menjalankan perintah allah SWT
|
Terlampir
|
5
|
Selalu mengucapkan terima kasih ketika menerima
sesuatu kenikmatan dari teman
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
2).
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
|
Tulislah Q.S
An-Nisa yang menyatakan perintah beriman kepada Allah swt!
|
2
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Alim
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Alim!
|
3
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Khabir
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Khabir!
|
4
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Sami’,
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Sami’!
|
5
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Bashir
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Bashir!
|
3).
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mencontohkan
perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim
|
Terlampir
|
|
Dapat
mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau
al-husna al-‘khabir
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
................, ...............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
______________________ ______________________
NIP.
... NIP.
...
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Peserta didik
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Saya meyakini bahwa Allah Swt.
mengetahui semua yang ada di langit dan di bumi.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Saya meyakini bahwa ilmu yang saya
dapatkan adalah hasil jerih payah semata.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Saya harus berbaik sangka kepada
Allah Swt. dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang terjadi pada orang
tersebut.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Saya meyakini bahwa semua
perbuatan dan pekerjaan manusia diketa-hui Allah Swt.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Saya meyakini bahwa saya boleh
berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.
|
|
|
|
|
|
|||||
6
|
Saya meyakini bahwa kita boleh
berbuat sesuka hati selama tidak ada orang yang melihat.
|
|
|
|
|
|
|||||
7
|
Saya meyakini bahwa penglihatan
Allah Swt. juga ada batasnya.
|
|
|
|
|
|
|||||
8
|
Saya
meyakini bahwa paranormal pasti dapat mengetahui sesuatu baik yang
tersembunyi maupun tidak, karena ia memiliki indera keenam.
|
|
|
|
|
|
|||||
9
|
Saya meyakini bahwa Allah Swt.
kadang-kadang melihat perilaku dan perbuatan saya.
|
|
|
|
|
|
|||||
10
|
Saya meyakini bahwa saya harus
selalu memuji Allah Swt. atas ilmu pengetahuan yang dimiliki-Nya.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
……………………., Tanggal :
……..……...
Peserta didik yang
bersangkutan
(……………………………………………….)
:
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||
Kompetensi Dasar
|
:
|
Beriman
kepada Allah Swt
|
||
Indikator
|
:
|
-
Menunjukkan
dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
-
Menjelaskan makna Asmau al-husna: al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||
1.
|
Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
|
Tulislah Q.S
An-Nisa ayat 4/136yang menyatakan perintah beriman kepada Allah swt!
|
||
2.
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Alim
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Alim!
|
||
3.
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Khabir
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Khabir!
|
||
4
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Sami’,
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Sami’!
|
||
5
|
Menjelaskan
makna al-asmau al-husna al-Bashir
|
Jelaskan makna
al-asmau al-husna al-Bashir!
|
||
|
|
|
||
No
|
Jawaban
|
|||
1.
|
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãYÏB#uä «!$$Î/ ¾Ï&Î!qßuur É=»tFÅ3ø9$#ur Ï%©!$# tA¨tR 4n?tã ¾Ï&Î!qßu É=»tFÅ6ø9$#ur üÏ%©!$# tAtRr& `ÏB ã@ö6s% 4 `tBur öàÿõ3t «!$$Î/ ¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur ¾ÏmÎ7çFä.ur ¾Ï&Î#ßâur ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# ôs)sù ¨@|Ê Kx»n=|Ê #´Ïèt/ ÇÊÌÏÈ
|
|||
2.
|
Al-‘Alim artinya maha mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui
yang tampak atau yang gaib. Pe ngetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang
dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah
Swt. Bahkan, peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt.
|
|||
3.
|
Al-Khabir artinya
mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt.
menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang
Dia kehendaki. Tidak ada satupun ciptaan Allah Swt. yang salah sasaran. Ini
menandakan bahwa Allah Mahateliti dalam menciptakan makhluk-Nya. Demikian
pula Allah dapat mengetahui secara detail apa yang dikerjakan makhluknya
|
|||
4
|
As-Sami’’ artinya maha mendengar. Allah Swt. Maha Mendengar
semua suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt.
tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya,
meskipun suara itu sangat pelan
|
|||
5
|
Al-Bashir
artinya
maha melihat. Allah Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil.
Allah Swt. melihat apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh
alam semesta ini dapat dipantau
|
|||
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
Nama Peserta didik
|
:
|
…………………………………………………
|
||||||||||
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan keteladanan dari sifat al-
Asmau
al-husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir
|
||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||
1.
|
Dapat
mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau
al-husna al-‘alim
|
Tampilkan
perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim
|
||||||||||
2.
|
Dapat
mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau
al-husna al-‘khabir
|
Tampilkan
perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna
al-‘khabir
|
||||||||||
3.
|
Dapat
mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau
al-husna al-‘sami’
|
Tampilkan
perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’
|
||||||||||
4.
|
Dapat
mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau
al-husna al-bashir
|
Tampilkan
perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir
|
||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
||||||||||||
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||||||||
SANGAT BAIK
|
BAIK
|
KURANG BAIK
|
TIDAK BAIK
|
|||||||||
1
|
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat
al-asmau al-husna al-‘alim
|
|
|
|
|
|
||||||
2
|
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat
al-asmau al-husna al-‘khabir
|
|
|
|
|
|
||||||
3
|
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat
al-asmau al-husna al-‘sami’
|
|
|
|
|
|
||||||
4
|
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat
al-asmau al-husna al-bashir
|
|
|
|
|
|
||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
Sangat Baik
Baik
Kurang Baik
Tidak Baik
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||||||
Salatiga, 24 Oktober 2013
Guru Pend. Agama Islam
(……………………………………………….)
No comments:
Post a Comment