Tuesday, November 25, 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMP …



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                          :  SMP ……………………………..
Mata Pelajaran               :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester              :  VII/1
Materi Pokok                 :  Lebih dekat Kepada Allah SWT yang sangat Indah Nama-Nya
Alokasi Waktu               :  3 pertemuan (6 JP)

A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.2
Beriman kepada Allah Swt

1.   Menjelaskan pengertian iman kepada Allah Swt.
2.  Menyebutkan dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.
2
3.1
Memahami makna Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
1.      Menjelaskan pengertian al-Asmaul-Husna
2.      Menyebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.      Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

3
4.1
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

1.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: al-’Alim
2.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: al-Khabir
3.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: as-Sami’,
4.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: dan al-Bashir


C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Pertemuan ke-1
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
b.      Menunjukkan dalil aqli  dan  naqli terkait dengan iman kepada Allah.
c.       Mengidentifikasi perilaku beriman kepada Allah.
d.      Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada Allah.

2.      Pertemuan ke-2
a.       Menjelaskan pengertian al-Asmaul-Husna
b.      Menyebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
c.       Menunjukkan dalil naqli tentang al-Asmaul-Husna : al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
d.      Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

3.      Pertemuan ke-3
a.       Menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan terhadap sifat al-Asmaul-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.


D.    Materi Pembelajaran
1.         Pertemuan ke-1
a.       Pengertian iman kepada Allah Swt.
b.      Dalil aqli dan naqli tentang iman kepada Allah Swt.

2.      Pertemuan ke-2
    1. Pengertian al-Asmaul-Husna
    2. Pengertian al-Asmaul-Husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
    3. Makna al-Asmaul-Husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

3.         Pertemuan ke-3
a.    Perilaku yang mencerminkan meneladani al-Asmaul-Husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode Scientific
a.  Pendekatan             : Saintifik dan Project Basic Learning ( mind mapping )
b.  Metode      : Ceramah, bermain peran (role playing ), diskusi,  tanya jawab dan penugasan

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
             1.          Media
a.  VCD pembelajaran
b.  Power Point
c.  Gambar
d. Teks naskah bermain peran
             2.          Alat
                               a.      LCD/TV/Laptop
                               b.      Kertas karton/HVS
                               c.      VCD Player
                              d.      Speaker active

             3.          Sumber Belajar
a.       Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas VII. Jakarta: ESIS Erlangga.
b.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran   
1.      Pertemuan 1
                       a.     Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)        Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi iman kepada Allah.
5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)        Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)      Guru menyajikan tayangan video/suara/gambar/tulisan tentang Iman kepada Allah
b)     Peserta didik mengamati tanyangan video/suara/gambar/tulisan tentang Iman kepada Allah
c)      Guru menyajikan dalil-dalil naqli tentang iman kepada Allah
d)     Peserta didik membaca dan mengamati dalil-dalil naqli tentang iman kepada Allah

2)      Menanya:
a)      Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan   mengenai Iman kepada Allah
b)      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai dalil-dalil naqli tentang iman kepada Allah.
c)      Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang iman kepada Allah dan dalil-dali naqlinya.

3)      Eksplorasi
a)      Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan (pengertian, dalil aqli dan naqli, ciri-ciri perilaku dan hikmah beriman kepada Allah Swt.)

4)      Asosiasi:
a)      Setiap kelompok membuat simpulan mind mapping menghubungkan pengertian, dalil aqli dan naqli, ciri-ciri perilaku dan hikmah beriman kepada Allah Swt.

5)      Komunikasikan:
a)   Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

                       c.     Penutup (20 menit)
                                    1)     Guru memberikan penguatan materi tentang iman kepada Allah.
                                    2)     Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik.
                                    3)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    4)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    5)     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
                                    6)     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    7)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    8)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

2.    Pertemuan 2
Pendahuluan (15 menit )
1)   Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       a.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)      Guru menyajikan tayangan video, gambar, tulisan, tentang al Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
b)      Peserta didik mengamati tayangan video, gambar, membaca buku teks tentang  al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
c)      Peserta didik dalam satu kelompok saling menyimak bacaan ayat-ayat Al-Qur’an beserta artinya tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
2)      Menanya:
a)      Guru mempersilahkan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang apa yang diamati melalui video, gambar, buku teks, Al-Qur’an tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
b)      Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang apa yang diamati melalui video, gambar, buku teks, Al-Qur’an tentang al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
c)      Guru mencatat seluruh pertanyaan peserta didik, bersama-sama peserta didik memilih pertanyaan yang diangkat dalam diskusi.

3)      Mengumpulkan informasi (Eksplorasi)
a)      Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok (sesuai kebutuhan) untuk berdiskusi dan mempelajari tentang pengertian dan makna al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)

4)      Mengasosiasi:
a)      Peserta didik secara kelompok membuat konsep tentang pengertian dan makna al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)

5)      Mengkomunikasikan:
a)   Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya.
b)     Setiap kelompok memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lainnya.

c.   Penutup (15 menit)
                                    1)            Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian dan makna al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir).
                                    2)            Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik.
                                    3)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    4)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    5)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
                                    6)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    7)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    8)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

3.      Pertemuan ke-3

a.       Pendahuluan (15 menit )
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)      Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)      Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)      Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)      Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)      Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)      Peserta didik mengamati tayangan video, gambar, teks cerita tentang perilaku yang terjadi dimasyarakat yang mencerminkan meneladani al Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
2)      Menanya:
a)      Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang berbagai macam perilaku yang terjadi dimasyarakat yang terkait dengan Asmaul-husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir) yang diamati.

3)      Mengumpulkan informasi (Mengeksplorasi):
a)      Secara kelompok, peserta didik  berdiskusi menyusun dan mempelajari skenario yang akan ditampilkan untuk memerankan sosio drama yang mencerminkan perilaku meneladani  Asmaul-husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)
4)      Mengasosiasi:
a)      Peserta didik secara kelompok mencoba menampilkan peran sesuai dengan peran masing-masing  dalam kelompok yang mencerminkan perilaku meneladani al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)

5)      Mengkomunikasikan:
a)      Peserta didik secara kelompok menampilkan sosiodrama sesuai peran masing-masing di hadapan kelompok lain yang mencerminkan perilaku meneladani al-Asmaul-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)

b)     Peserta didik dari kelompok lain memberikan komentar/tanggapan terhadap prilaku yang ditampilkan sesuai dengan konsep pembelajaran Asmaul-husna (al-‘Alim, al-Khabir, al-Sami’, al-Bashir)

c.   Penutup (15 menit)
1)      Guru memberikan penguatan terhadap materi yang disampaikan
2)      Bersama-sama peserta didik, guru menarik kesimpulan dari seluruh tampilan.
3)      Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4)      Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5)      Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
6)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7)      Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
8)      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.





H.      Penilaian
1). Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian      : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi        :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Meyakini bahwa Allah Swt. mengetahui semua yang ada di langit dan di bumi.
Terlampir
2
Meyakini bahwa ilmu yang saya dapatkan adalah hasil jerih payah semata.
Terlampir
3
Berbaik sangka kepada Allah Swt. dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang terjadi pada orang tersebut.
Terlampir
4
Meyakini bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia diketa-hui Allah Swt.
Terlampir
5
Meyakini bahwa saya boleh berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.
Terlampir

Instrumen: Terlampir

2). Sikap sosial
                  a.    Teknik Penilaian              : Penilaian Antar Teman
                  b.    Bentuk Instrumen                        : Lembar Penilaian
                  c.    Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Suka menolong teman yang membutuhkan bantuan
Terlampir
2
Suka berkata jujur
Terlampir
3
Tidak pernah berbuat curang ketika mengerjakan ulangan.
Terlampir
4
Selalu taat menjalankan perintah allah SWT
Terlampir
5
Selalu mengucapkan terima kasih ketika menerima sesuatu kenikmatan dari teman
Terlampir

Instrumen: Terlampir

2). Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian                   :Tes Lisan
b.    Bentuk Instrumen                 : Lembar penilaian tes lisan
c.    Kisi-kisi          :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
Tulislah Q.S An-Nisa yang menyatakan perintah beriman kepada Allah swt!
2
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Alim
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Alim!
3
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Khabir
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Khabir!
4
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Sami’,
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Sami’!
5
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Bashir
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Bashir!


3). Keterampilan
                  a.    Teknik Penilaian              : Performance
                  b.    Bentuk Instrumen            : Praktik
                  c.    Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim
Terlampir
  1.  
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir
Terlampir
Instrumen: Terlampir

                                                                                                ................, ...............................
Mengetahui;                                                                          Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                                   PAI dan Budi Pekerti,                                                                    


______________________                                                    ______________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...





LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1       : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Peserta didik
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Saya meyakini bahwa Allah Swt. mengetahui semua yang ada di langit dan di bumi.






2
Saya meyakini bahwa ilmu yang saya dapatkan adalah hasil jerih payah semata.






3
Saya harus berbaik sangka kepada Allah Swt. dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang terjadi pada orang tersebut.






4
Saya meyakini bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia diketa-hui Allah Swt.






5
Saya meyakini bahwa saya boleh berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.






6
Saya meyakini bahwa kita boleh berbuat sesuka hati selama tidak ada orang yang melihat.






7
Saya meyakini bahwa penglihatan Allah Swt. juga ada batasnya.






8
Saya meyakini bahwa paranormal pasti dapat mengetahui sesuatu baik yang tersembunyi maupun tidak, karena ia memiliki indera keenam.






9
Saya meyakini bahwa Allah Swt. kadang-kadang melihat perilaku dan perbuatan saya.






10
Saya meyakini bahwa saya harus selalu memuji Allah Swt. atas ilmu pengetahuan yang dimiliki-Nya.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   --------- 
Skormaksimal



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………















……………………., Tanggal : ……..……...
Peserta didik yang bersangkutan



(……………………………………………….)

:


Lampiran 2       : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
Beriman kepada Allah Swt
Indikator
:
-       Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
-       Menjelaskan makna Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
TeknikPenilaian
:
Lisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
Tulislah Q.S An-Nisa ayat 4/136yang menyatakan perintah beriman kepada Allah swt!
2.
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Alim
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Alim!
3.
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Khabir
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Khabir!
4
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Sami’,
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Sami’!
5
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Bashir
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Bashir!



No
Jawaban
1.
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãYÏB#uä «!$$Î/ ¾Ï&Î!qßuur É=»tFÅ3ø9$#ur Ï%©!$# tA¨tR 4n?tã ¾Ï&Î!qßu É=»tFÅ6ø9$#ur üÏ%©!$# tAtRr& `ÏB ã@ö6s% 4 `tBur öàÿõ3tƒ «!$$Î/ ¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur ¾ÏmÎ7çFä.ur ¾Ï&Î#ßâur ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# ôs)sù ¨@|Ê Kx»n=|Ê #´Ïèt/ ÇÊÌÏÈ  

2.
Al-‘Alim artinya maha mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pe ngetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt. Bahkan, peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt.
3.
Al-Khabir artinya mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt. menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang Dia kehendaki. Tidak ada satupun ciptaan Allah Swt. yang salah sasaran. Ini menandakan bahwa Allah Mahateliti dalam menciptakan makhluk-Nya. Demikian pula Allah dapat mengetahui secara detail apa yang dikerjakan makhluknya
4
As-Sami’artinya maha mendengar. Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangat pelan
5

Al-Bashir artinya maha melihat. Allah Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. melihat apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh alam semesta ini dapat dipantau








Lampiran 3       : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)

Nama Peserta didik
:
…………………………………………………
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-
Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen
1.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim
2.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir
3.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’
4.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir
RUBRIK PENILAIAN
NO.
NAMA SURAT
KRITERIA
SKOR
SANGAT BAIK
BAIK
KURANG BAIK
TIDAK BAIK
1
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim





2
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir





3
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’





4
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Baik
Baik
Kurang Baik
Tidak Baik
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =   --------- 
Skor maksimal



CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………














Salatiga,   24   Oktober  2013
Guru Pend. Agama Islam





(……………………………………………….)

























No comments:

Post a Comment