RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ...................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/semester : VII/Semester II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
Standar
Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
Kompetensi
Dasar : 1. Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
2. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
Indikator : 1. Menjelaskan
pengertian beriman kepada Malaikat
2. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
3. Menceritakan
asal-usul kejadian Malaikat
4. Menjelaskan
perbedaan Maikat dengan makhluk lainnya.
Nilai Karakter Yang Diharapkan:
Relegius, tanggungjawab, kejujuran, percaya diri,
disiplin, rasa ingin tau, gemar membaca dan kerjasama. dll.
I. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
pelajaran selesai, melalui penjelasan
guru, membaca dan diskusi kelompok diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan
pengertian Malaikat dengan benar
2. Menyebutkan nama-nama Malaikat dengan
lengkap
3. Menceritakan asal-usul kejadian
Malaikat dengan baik dan benar
4. Menunjukkan perbedaan Malaikat dengan
makhluk lainnya dengan baik dan benar
5. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
dengan benar.
6. Menjelaskan pengertian ber-Iman kepada
Malaikat dengan benar.
7. Menunjukkan dalil tentang ber-iman
kepada Malaikat dengan tepat.
8.
Menunjukkan contoh cara meng-Imani para malaikat dengan baik dan benar
II. Materi
Pembelajaran:
1. Pengertian Malaikat
2. Nama-nama Malaikat
3. Asal-usul kejadian Malaikat
4. Perbedaan Malaikat dengan
Makhluk lainnya
5. Tugas-tugas
Malaikat
6. Pengertian ber-Iman kepada
Malaikat
7. Dalil tentang ber-Iman kepada
Malaikat
8. Contoh cara meng-Imani Malaikat
III. Model dan Metode/Strategi Pembelajaran:
Model
PAIKEM dan metode/strategi ceramah interaktif dan Card Sort
IV. Skenario
Pembelajaran/ Langkah-langkah Pembelajaran /KBM:
Uraian Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Waktu
|
a. Pendahuluan
a. Meng “on” kan siswa dengan cara
berdoa, membaca surat-surat pendek
al-Qur’an dan atau menyanyi bersama.
b. Menyampaikan pentingnya pokok/tema
bahasan hari ini
c. Melakukan apersepsi
d. Tanya tanya jawab pelajaran minggu
lalu.
e. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
f. Guru memotivasi siswa dan mengajak
siswa untuk berpartisipasi aktif.
g. Dst.
|
Relegius
Rasa ingin tau
|
|
b.
Kegiatan Inti
1. Ekplorasi:
a.
Guru mengali kemampuan siswa dengan cara memberikan
pertanyaan tentang malaikat dan tugasnya.
b.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menghubungkan dengan materi lain.
c.
Guru membeerikan penjelasan singkat tentang cara belajar
yang akan ditempuh.
d.
Siswa melaksanakan petunjuk yang sudah dijelaskan oleh
guru.
e.
Dst...
2. Elaborasi:
a. Guru meminta
siswa membaca buku bacaan tentang malaikat dan tugasnya.
b. Guru
menjelaskan isi materi dalam buku teks dan mengaitkan dengan kehidupan sehari
hari.
c. Guru
membagikan potongan kertas yang didalamnya terdapat tulisan kata- kata, ke semua siswa secara acak.
d. Siswa diminta
menempelkan potongan kertas tersebut atau menuliskan ke papan tulis
berdasarkan urutan kata- kata yang benar di dalamnya sesuai dengan
kelompoknya.
e. Siswa diminta
berkumpul sesuai dengan kelompok urutan tempelan kata-kata tersebut, kemudian masing-masing
kelompok menunjuk satu orang juru bicara untuk membacakannya, kelompok lain
mengoreksi.
f. Guru
membimbing jalannnya kegiatan belajar siswa.
3. Konfirmasi:
a. Guru memberikan penilaian dan
meluruskan/ menjelaskan hasil kerja siswa.
b. Guru menanyakan hal-penting dari
hasil kegiatan belajar siswa tentang materi
yang dipelajari.
c. Guru memberikan komentar terhadap suasana
belajar yang dilakukan siswa terutama memberikan catatan khusus bagi yang
kurang berpartisipasi.
e.
Dst
|
Rasa ingin tau
Tanggungjawab
Disiplin
Percaya diri
Gemar membaca
Tanggungjawab
Kejujuran
Kerjasama
Rasa ingin tau
|
|
c. Kegiatan Penutup.
1. Guru memberikan pertanyaan secara
lisan terkait dengan materi pembelajaran.
2. Guru memberikan tugas
3. Guru memberikan orientasi pelajaran
berikutnya
4. Guru memberikan dorongan psikologis
5. Berdo’a penutup
6. Dst.
|
Kejujuran
Tanggungjawab
|
|
V. Sumber & Media/Alat pembelajaran:
a. Sumber : 1). Buku PAI MI Kelas IV penerbit Erlangga. 2). Buku PAI MI IV penerbit Ganesa.
3). LKS. 4).
Dll.
b.
Media/alat: Kertas, Gunting, Spidol, Gukol/lem, dll.
VII. Penilaian:
a.
Jenis Penilaian : Tes
& Non-Tes
b.
Bentuk penilaian : 1. Tes Tulis (Essay dan Tes obyektif Pilihan ganda)
2. Kinerja
a.
Instrumen : terlampir
Guru,
....................................
Mengetahui;
Pengawas GPAI
Kepala Sekolah
.............................
............................
Contoh Instrumen Penilaian proses berbasis
Karakter
No
|
Nama Anak
|
Aspek karakter yang dinilai
|
Jumlah skor
100
|
Nilai akhir
100
|
||||
.......
20
|
........
20
|
.......
20
|
.......
20
|
......
20
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumus penilaian =
Contoh Intrumen tes tulis:
a. Isilah
titik titik di bawah ini
1.
2.
3.
4.
5.dst
b. Pilihlah
salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang.
1.
2.
3.
4.
5. dst
Guru,
....................................
............................. ............................
No comments:
Post a Comment