BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Rencana Kerja Madrasah (RKM)
merupakan sebuah proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk
mencapai tujuan pendidikan. Dengan tujuan ini sekolah dapat disesuaikan dengan
kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah
dan kebutuhan peserta didik. RKM (Rencana Kerja Madrasah) disusun sebagai
pedoman kerja pengembangan sekolah, dan sebagai bahan acuan untuk
mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.
Penyususnan RKM mengacu pada
Undang-undang Nomer 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan
Nasional, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendiknas Nomor 19
Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Rencana Strategis
Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014.
Dewasa ini kompetisi
pendidikan berlangsung sangat ketat dan tajam hampir tiada batas. Sekolah yang
tidak mampu bersaing secara fair dan terbuka akan tertinggal terseleksi oleh
keadaan. Oleh karena itu Madrassah Stanawiyah Al Hikamah Bululawang perlu
mengembangkan dan meningkatkan secara terus menerus dengan memperhatikan sumber
daya yang dimiliki, baik sumber daya menusia maupun sumber daya yang lainnya.
Kondisi Madrassah Stanawiyah Al Hikamah Bululawang memiliki siswa sebanyak 123
orang, guru sebanyak 36 orang, dukungan dan kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholder) yang mendukung, sarana dan
prasarana, dan berada di lingkungan
persekolah dengan masyarakat yang religius.
Menghadapi kondidi tersebut Madrassah
Stanawiyah Al Hikamah Bululawang perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan
menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM ) untuk menghadapi masa yang akan datang.
B. Manfaat Program Kerja atau RKM
RKM penting dimiliki sekolah ,
maka Madrassah Stanawiyah Al Hikamah Bululawang menyusun RKM untuk memberi arah
dan bimbingan kepada para pelaku sekolah dalam rangka perubahan atau tujuan
sekolah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan denagn risiko yang
kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKM
diharapkan dapat dijadikan sebagai : (1) pedoman kerja untuk perbaikan dan
pedoman sekolah, (2) sarana untuk melaukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan
pengembangan sekolah, serta, (3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan dan
pengemabangan sekolah.
C. Tujuan RKM
Madrasah Stanawiyah Al Hikamh
Bululawang menyusun RKM dengan tujuan untuk:
1. Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah
yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yng tinggi dan
resiko yang kecil.
2. Mendukung koordinasi anatar personil
sekolah.
3. Menjamin terciptanya integrasi,
sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas
pendidikan.
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah
dan masyarakat.
6. Menjamin tercapainnya penggunaan sumber
daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
D. Tahap Penyusunan
Proses penyusunan RKM
dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan RKM, dan pengesahan
RKM. Alur proses penyusunan RKM tersebut dapat dilukiskan dalam uraian-uraian
sebagai berikut :
1. Persiapan
Sebelum perumusan RKM
dilakukan, kepala sekolah dan guru bersama komite sekolah membentuk tim perumus
RKM yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah. KKRKM beranggotakan 5
orang yang terdiri dari unsur : Kepala Sekolah, , Wakil Kepala Sekolah, dua
orang guru dan wakil dari kmite sekolah.
Setelah KKRKM terbentuk,
selanjutnya mengikuti pembekalan / orientasi mengenai kebijakan-kebijakan
pengembangan pendidikan dan perumusan RKM.
2. Perumusan RKM
Perumusan RKM dilakukan
melalui 4 tahap sebagai berikut:
Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan
Tujuan tahap 1 ini adalah
untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh SLB Muhammadiyah Banjarsari, yaitu dengan cara membandingkan
anatra ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan ”apa yang ada saat ini ” di Madrassah
Stanawiyah Al Hikamah Bululawang, atau upaya untuk mempertahankan suatu
keberhasilan yang telah dicapai sekolah. Identifikasi tantangan dilakukan
melalui langkah-langkah berikut ini.
- Penyusunan profil Madrassah Stanawiyah Al Hikamah Bululawang.
- Mengidentifikasi harapan pemangku kepentingan.
- Merumuskan tantangan yang dihadapi oleh Madrassah Stanawiyah Al Hikamah Bululawang.
Tahap Kedua : Analisis Pemecahan Tantangan
Langkah-langkah dalam
menganalisis tantangan adalah sebagai berikut:
- Menentukan penyebab tantangan utama.
- Menentukan alternatif pemecahan masalah tantangan utama.
Tahap ketiga : Penyusunan Program
Dalam penyusunan program ada 6
langkah yang perlu dilakukan, yaitu :
- Menetapkan sasaran.
- Menetapkan program.
- Menetapkan penanggung jawab program.
- Menentukan indikator keberhasilan program.
- Menentukan kegiatan, dan
- Menyusun jadwal kegiatan.
Tahap Keempat : Penyusunan Rencana Biaya dan Pendanaan.
Pada tahap ini ditetapkan
jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan jenis dan jumlah sumber
pendanaan, aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber
pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana
3. Pengesahan RKM
Setlah RKM selesai disusun
oleh KKRKM, RKM dibahas bersama oleh kepala sekolah, dewan guru dan komite
sekolah untuk dikaji ulang agar RKM yang telah disusun sesuai dengan yang
diharapkan. Selanjutnya RKM yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan
oleh Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah. Akhirnya, RKM yang telah disahkan
disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di SLB Muhammadiyah Banjarsari.
E. Landasan Hukum
Landasan hukum penyusunan RKM
ini ádalah sebagai berikut:
- UU No. 20/2003 tentnag Sistem Pendidikan Nasional psl. 4 (pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
- UU No. 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.
- PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Psl. 53 ( setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).
- Permendiknas 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Sekolah membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) 4 tahun, rencana kerja tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKA/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan disyahkan berlakunya oleh dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
BAB II
VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Visi Madrassah Stanawiyah Al
Hikamah Bululawang adalah : ”Unggul
dalam mengembangkan life skill
melalui pembelajaran yang bermutu menuju kemandirian bagi siswa.”
B. Misi :
1.
Menciptakan
siswa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak
mulia.
2.
Memberikan
kesempatan belajar kepada siswa.
3.
Membantu
siswa dalam mengatasi masalah.
4.
Membekali
siswa dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
5.
Membekali
siswa dengan keterampilan kerja.
6.
Mendorong
kreativitas dan kemandirian para siswa.
Untuk
mewujudkan visi, misi tersebut di atas ditempuh dengan beberapa strategi
sebagai berikut :
1.
Mendidik
dan membiasakan anak dalam kehidupan yang agamis, serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi
kehidupan agamis .
2.
Melakukan
sosialisasi dan penjaringan.
3.
Menyediakan
fasailitas yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
keterampilan.
C. Tujuan
Tujuan sekolah yang ingin
dicapai adalah :
1.
Membentuk siswa yang beriman dan takwa kepada Tuhan Yang Mahaesa.
2.
Membentuk siswa yang memiliki akhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur.
3.
Membentuk siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.
Membentuk siswa yang memiliki life
skill sebagai bekal untuk hidup di masyarakat.
5.
Membentuk siswa yang kreatif dan mandiri.
BAB III
KEADAAN SEKOLAH
Gambaran mengenai keadaan
sekolah (profil sekolah) dalam kurun waktu satu tahun (2013/2014) dapat
dikemukakan sebagai berikut:
A. Proses Penerimaan Siswa Baru
1. Proses PSB
masih dilaksanakan secara tradisional yakni hanya memberikan edaran atua
brosur berupa informasiseputar penerimaan siswa baru ke masyarakat disekitar
sekolah, dan SD/MI sekitar.
2. Kondisi ekonomi orang tua siwa menengah ke
bawah, karena mayoritas berprofesi
sebagai buruh tani dan wiraswasta.
3. Jarak anatara Madrasah Stanawiyah Al
hikamh Bululawang dengan MTs lainnya yang terdekat berjarak sekitar 7 km.
B.
Proses Pembelajaran
Pada
umumnya proses pembelajaran telah berjalan dengan baik namun demikian ada
beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan yaitu:
1. Rencana pelajaran untuk setiap mata
pelajaran sudah tersedia secara lengkap di semua kelas.
2. Dalam rencana pembelajaran masíh ada yang
belum memuat : tujuan pemebelajaran secara tepat, strategi pembelajaran yang
bervariasi, media pembelajaran yang tepat dan bervariasi.
3. Dalam pelaksanaan pembelajaran,
sebagian guru belum melaksanakannya
pembelajaran dengan strategi dan metode pembelajaran yang variatif.
4. Keterbatasan alat peraga yang dimiliki
menyebabkan pelaksanaan pembelajaran kurang optimal.
C.
Manajemen Sekolah
Pengelolaan kurikulum,
kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana, humas, dan keuangan dikelola
dengan manajemen sekolah.
D. Peran Serta Masyarakat
1. Sekolah belum melibatkan orangtua peserta
didik dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program sekolah, tetapi
baru diwakili oleh pengurus Komite Sekolah.
2. Pekerjaan orangtua peserta didik mayoritas
petani/buruh tani dan pegawai swasta yang berpenghasilan kurang.
3. Komite Sekolah bekerja secara maksimal
baik sebagai pemebri pertimbangan dukungan, pengontrol dan penghubung dengan
pemangku kepentingan.
4. Hubungan
dengan masyarakat sekitar dan pemerintahan desa setempat sudah terjalin dengan
baik.
E. Sumber Daya Pendidikan
1. Sekolah melaaksanakan PBM di pagi hari
karena ruang kelas sudah cukup.
2. Sekolah belum memiliki ruang khususan,
laboratorium dan ruang perpustakaan.
3. Guru yang sudah memiliki kualifikasi
akademik S1 berjumlah 32 orang dan 4 orang guru sukwan masih kuliah pada
jurusan PAI.
BAB IV
RENCANA KERJA MADRASAH
Rencana Kerja Madrassah Stanawiyah
Al Hikamah Bululawang disusun dengan mempertimbangkan keadaan sekolah, harapan
masyarakat dan tantangan dalam lingkungna strategis pendidikan di sekolah agar
sarana dan program sekolah dalam satu tahun ke depan lebih realistis dan
efisien serta konsisten dengan prinsi-prinsip pengelolaan pendidkan yang
efettif, efisien, akuntabel dan demokratif.
Dalam bab ini dikemukakan
hasil pengembangan program sekolah, yang mencakup telaah mengenai: (1) sasaran,
(2) program (3)indikator keberhasilan (4)kegiatan (5) penanggung jawab, dan (6)
jadwal kegiatan.
Sasaran digunakan panduan
dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu satu tahun
gunna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan pada
tahap II. Dalam menetapkan sasaran, sekolah telah melakukan analisis kesiapan
sekolah, untuk mencapai sasaran tersebut antara lain dengan melihat kesiapan
sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, dan situasi serta kondisi
sekolah. Rumusan sasaran
pengembangan sekolah kurun waktu satu tahun ke depan.
Setelah sasaran dirumuskan
sekolah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan di sekolah. Program
merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dan beberapa alternatif pemecahan
tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling
tergantung atau saling berkaitan unuk untuk mencapai tujuan yang sama.
Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, maka
program-program yang akan dikembangkan di Madrassah Stanawiyah Al Hikamah
Bululawang sebagai berikut:
1. Mengkaji pelaksanan kurikulum di sekolah
dengan prinsi-prinsip pengembangan kurikulum sesuai denagn satuan pendidikan
yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
2. Menyiapkan perangkat standar mutu
pendidikan melalui efektifitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai dengan
lingkungan belajar yang rekreatif, edukatif dan religius.
3. Melaksanakan pemeliharaan, peningkatan dan
pengembangan potensi sumber daya pendidik yang profesional dalam rangka mengacu
peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peserta didik.
4. Berupaya dengan segenap kemampuan untuk
dapat mengantarkan peserta didik menuju kecerdasan apresiasi seni budaya.
5. Mewujudkan peserta didik untuk dapat
memiliki dasar-dasar life skill yang
bermuara pada kemahiran membaca, menulis dan berhitung.
Adapun sasaran Madrassah
Stanawiyah Al Hikamah Bululawang tahun 2013/2014 adalah sebagai berikut:
1. Mengembangkan kurikulum sekolah sesuai
dengan potensi peserta didik agar mampu menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa
kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap,
kreatif dan mandiri.
2. Meningkatkan mutu pendidikan melalui
efektifitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai dengan lingkungna belajar yang
rekreatif, edukatif dan religius.
3. Memelihara, meningkatkan dan mengembangkan
potensi sumber daya manusia pendidik yang profesional dalam rangka memacu
peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peserta didik.
4. Peserta didik yang memiliki dasar-dasar life skill yang bermuara pada kemahiran
calistung.
Sedangkan kegiatan sekolah Madrassah
Stanawiyah Al Hikamah Bululawang yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran adalah sebagai berikut :
1. Melaksanakan dan mengembangkan kurikulum
sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sesuai tuntutan satuan
pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
2. Melaksanakan uji mutu pendidikan sesuai (
standar kelulusan) melalui efektifitas pembelajaran, ekstrakulikuler dan
pembiasaan dengan pemanfaatan lingkungan konstektual sebagai pusat pembelajaran
yang rekreatif, dan edukatif.
3. Melaksanakan sistem pembinaan yang
profesional dalam rangka memelihara, meningkatkan dan menegmbangkan potensi
sumber daya pendidik melalui wadah KKG, KKKS, pendidikan dan latihan ,
Penelitian Tindakan Kelas, secara berkala dan berkesinambungan
4. Melaksanakan, mengembangkan dan
mengevaluasi berbagai kegiatan
pembelajaran untuk dapat memacu peningkatan kualitas peserta didik menuju
kecerdasan apresiaasi terhadap seni budaya dan budaya karakter bangsa.
5. Melaksanakan, mengembangkan, dan
mengevaluasi semua bentuk pembelajaran yang bermuara pada kemahiran membaca,
menulis, dan berhitung sebagai dasar life
skill yang dibutukhkan untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih
tinggi.
BAB V
PENUTUP
Program Kerja Sekolah atau RKM ini
disusun sebagai upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan. Program ini disusun berdasarkan pertimbangan dari program-program
tahun yang lalu dan mengacu pada Standar Nasioanl Pendidikan. Program ini tidak
akan berarti apa-apa tanpa suatu pelaksanaan yang baik, oleh karenanya yang
sangat menentukan terhadap keberhasilan program ini adalah unsur manusianya,
dalam hal ini bidang ketenagaan yang berdayaguna dengan menenmpuh manajemen
yang tepat.
Tiga hal yang mesti dilakukan berkaitan dengan Program Kerja
ini yaitu pembuatan program yang baik, pelaksanaan program yang efektif,
evaluasi yang berkelanjutan, dan tindak lanjut untuk selalu meningkatkan dan
mengembangkan program yang lebih baik. Melalui tiga tahapan ini tujuan
pendidikan yang ingin dicapai dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan yang
diharapkan..
No comments:
Post a Comment