Moh.kamilus zaman SPd.I
KONSEP
DASAR MANAJEMEN PESERTA DIDIK
Pengertian Manajemen Peserta
Didik
Manajemen peserta didik adalah usaha atau bagaimana mengatur peserta
didik (murid) dari semenjak mereka masuk sekolah (mendaftar sekolah) hingga
mereka lulus sekolah. Adapun Knezevich (1961) mengartikan manajemen peserta
didik atau pupil
personnel administration sebagai suatu layanan yang memusatkan
perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan siswa di kelas dan di luar
kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individual seperti pengembangan
keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah.
Peserta didik pada dasarnya memiliki kesamaan-kesamaan, yang mana dari
kesamaan-kesamaan inilah muncul sebuah system layanan sekolah. Sehingga
tiap-tiap peserta didik nantinya akan mendapatkan pelayanan yang sama akan
hak-hak mereka.
Namun, pada praktiknya ada beberapa pihak yang menggugat system persamaan
dalam layanan ini. Mereka (yang menggugat) melihat dari sisi psikologis bahwa
sebenarnya masing-masing individu adalah berbeda sehingga harus dibedakan pula
pelayanan bagi masing-masing peserta didik.
Tujuan dan
Fungsi manajemen peserta didik
Manajemen peserta didik bertujuan untuk mengatur kegiatan-kegiatan
peserta didik agar dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga tujuan dari
sebuah pendidikan dapat tercapai.
Adapaun tujuan khusus manajemen peserta didik adalah sebagai
berikut:
- Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan psikomotor peserta didik.
- Menyalurkan dan mengembangkan kemampuan umum (kecerdasan), bakat dan minat peserta didik.
- Menyalurkan aspirasi, harapan dan memenuhi kebutuhan peserta didik.
- Dengan terpenuhinya 1, 2, dan 3 di atas diharapkan peserta didik dapat mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup yang lebih lanjut dapat belajar dengan baik dan tercapai cita-cita mereka.
Sedangkan fungsi dari manajemen peserta didik adalah sebagai sarana bagi
peserta didik untuk mengembangkan potensi diri mereka seoptimal mungkin dari
berbagai segi baik dari segi individualitasnya, segi sosialnya, segi
aspirasinya, segi kebutuhannya dan segi-segi potensi peserta didik lainnya.
Prinsip-Prinsip Manajemen
Peserta Didik
1.
Manajemen peserta didik
dipandang sebagai bagian dari keseluruhan manajemen sekolah.
2.
Segala bentuk kegiatan
manajemen peserta didik haruslah mengemban misi pendidikan dan dalam rangka
mendidik para peserta didik.
3.
Kegiatan-kegiatan manajemen
peserta didik haruslah diupayakan untuk mempersatukan peserta didik yang
mempunyai aneka ragam latar belakang dan punya banyak perbedaan.
4.
Kegiatan manajemen peserta
didik haruslah dipandang sebagai upaya pengaturan terhadap pembimbingan peserta
didik.
5.
Kegiatan manajemen peserta
didik haruslah mendorong dan memacu kemandirian peserta didik.
6.
Apa yang diberikan kepada
peserta didik dan yang selalu diupayakan oleh kegiatan manajemen peserta didik
haruslah fungsional bagi kehidupan peserta didik baik di sekolah lebih-lebih di
masa depan.
Pendekatan
Manajemen peserta didik
Pendekatan yang digunakan ada 2 macam, yaitu pendekatan pendekatan
kuantitatif yang menitik beratkan pada aspek-aspek administrasi dan birokrasi
lembaga tempat peserta didik tersebut belajar. Dan pendekatan kualitatif yang
lebih memperhatikan masalah kesejahteraan peserta didik.
Dalam praktiknya, usaha yang dilakukan adalah mengambil jalan tengah dari
kedua pendekatan ini. Di mana peserta didik diminta untuk memenuhi
tuntutan-tuntutan birokratik dan administratif sekolah di satu pihak, tetapi di
sisi lain sekolah juga menawarkan insentif-insentif lain yang dapat memenuhi
kebutuhan dan kesejahteraannya.
No comments:
Post a Comment