Media Yang Digunakan Dalam
Berdakwah
A.
Media Elektronik
(Televisi, Internet dll)
Media elektronik memilik
pengaruh pengaruh besar terhadap segala bentuk tindakan dan pandangan mad’u
yang tanpa disadari telah mengidentifikasi dan mengimitasi tindakan dan
pandangan mad’u kedalam peran atau contoh yang ada dalam media elektronik.
1. Kelebihan Media Elektonik, Yaitu :
a. Dari segi waktu, media elektronik tergolong
cepat dalam menyebarkan isi dakwah ke masyarakat, dapat
menyampaikan berita secara langsung dari tempat kejadian.
b. media elektronik mempunyai audio visual yang
memudahkan para audiensnya untuk memahami berita, khususnya pada media
elektronik televise.
c. media elektronik menjangkau masyarakat secara
luas.
d. dapat menampilkan proses terjadinya suatu
peristiwa.
e.
dapat
dinikmati oleh semau orang, baik itu yang mengalami keterbelakangan mental.
2.
Kekurangan
Media Elektronik, Yaitu :
a. dalam penyediaan berita pada media elektronik
tidak dapat mengulang apa yang telah ditayangkan.
b.
Dakwah
yang disampaikan biasanya cepet dilupakan, karena bisa jadi udien hanya sekedar
melihat tanpa menyimak dengan baik (tidak memiliki niatan mengikuti dakwah,
akan tetapi hanya kebetulan saja)
B.
Media
Cetak (Koran, Majalah, Buletin dll)
Media cetak memiliki
pengaruh ketika didalamnya memiliki tujuan menginformasikan, mendorong
interaksi dan memberikan motivasi. Sehinggga apabila media cetak terdapat
tujuan tersebut, maka mad’u dapat
menerima informasi yang disampaikan dengan mendalam.
1. Kelebihan Media Cetak, Yaitu :
a. dapat dibaca berkali-kali dengan cara
menyimpannya.
b. dapat membuat orang yang berfikir lebih
spesifik tentang isi tulisan.
c. bisa disimpan atau dicollect isi informasinya.
d. harganya lebih terjangkau maupun dalam
distribusinya.
e. lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat
kompleks atau rigid.
2. Kekurangan
Media Cetak, Yaitu :
a. dari segi waktu media cetak lambat dalam
memberikan informasi. Karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung
berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
b. media cetak hanya dapat berupa tulisan.
c. media cetak haya dapat memberikan visual berupa
gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
d.
biaya
produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengireimkannya
sebelum dapat dinikmati masyarakat.
C.
Media Organisasi
Media organisasi akan
aktif interaktif dan pesan akan dapat
dicerna atau diterima secara mendalam oleh mad’u apabila seorang Da’i piawai
dalam menyampaikan materi dakwahnya, dan sebaliknya.
1. Kelebihan Media Organisasi
a. Materi yang disampaikan lebih dapat diterima.
b. Dapat menyakan secara langsung ketika ada yang
tidak dimengerti.
c.
Materi
yang sudah didapat lebih tak terlupakan karena audien juga mempunyai niatan
dalam mengikuti dakwah.
2.
Kekurangan
Media Organisasi
a. Sulinya mengajak audien untuk mengikuti
kegiatan tersebut.
b.
Ribet (banyak memerlukan persiapan) dibanding dengan media yang lain.
Media yang paling dapat mempengaruhi mad’u
menurut saya adalah media organisasi. Karena apa? Jelas menurut teori dan
realita ketika informasi itu disampaikan secara langsung tanpa penghalang, maka
informasi yang disampaikan oleh informan dapat diterima dengan baik oleh
Audien. Penguatan karakter/karisma seorang informan/da’i dapat dirasakan oleh
audien secara nyata.
No comments:
Post a Comment