Friday, September 11, 2015

Media Yang Digunakan Dalam Berdakwah



Media Yang Digunakan Dalam Berdakwah

A.      Media Elektronik (Televisi, Internet dll)
Media elektronik memilik pengaruh pengaruh besar terhadap segala bentuk tindakan dan pandangan mad’u yang tanpa disadari telah mengidentifikasi dan mengimitasi tindakan dan pandangan mad’u kedalam peran atau contoh yang ada dalam media elektronik.
1.      Kelebihan Media Elektonik, Yaitu :
a.       Dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan isi dakwah ke masyarakat, dapat menyampaikan berita secara langsung dari tempat kejadian.
b.      media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita, khususnya pada media elektronik televise.
c.       media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
d.      dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa.
e.       dapat dinikmati oleh semau orang, baik itu yang mengalami keterbelakangan mental.
2.      Kekurangan Media Elektronik, Yaitu :
a.       dalam penyediaan berita pada media elektronik tidak dapat mengulang apa yang telah ditayangkan.
b.      Dakwah yang disampaikan biasanya cepet dilupakan, karena bisa jadi udien hanya sekedar melihat tanpa menyimak dengan baik (tidak memiliki niatan mengikuti dakwah, akan tetapi hanya kebetulan saja)
B.      Media Cetak (Koran, Majalah, Buletin dll)
Media cetak memiliki pengaruh ketika didalamnya memiliki tujuan menginformasikan, mendorong interaksi dan memberikan motivasi. Sehinggga apabila media cetak terdapat tujuan tersebut, maka  mad’u dapat menerima informasi yang disampaikan dengan mendalam.
1.      Kelebihan Media Cetak, Yaitu :
a.       dapat dibaca berkali-kali dengan cara menyimpannya.
b.      dapat membuat orang yang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
c.       bisa disimpan atau dicollect isi informasinya.
d.      harganya lebih terjangkau maupun dalam distribusinya.
e.       lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks atau rigid.
2.       Kekurangan Media Cetak, Yaitu :
a.       dari segi waktu media cetak lambat dalam memberikan informasi. Karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
b.      media cetak hanya dapat berupa tulisan.
c.       media cetak haya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
d.      biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengireimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
C.      Media Organisasi
Media organisasi akan aktif  interaktif dan pesan akan dapat dicerna atau diterima secara mendalam oleh mad’u apabila seorang Da’i piawai dalam menyampaikan materi dakwahnya, dan sebaliknya.
1.      Kelebihan Media Organisasi
a.       Materi yang disampaikan lebih dapat diterima.
b.      Dapat menyakan secara langsung ketika ada yang tidak dimengerti.
c.       Materi yang sudah didapat lebih tak terlupakan karena audien juga mempunyai niatan dalam mengikuti dakwah.
2.      Kekurangan Media Organisasi
a.    Sulinya mengajak audien untuk mengikuti kegiatan tersebut.
b.    Ribet (banyak memerlukan persiapan) dibanding dengan media yang lain.


Media yang paling dapat mempengaruhi mad’u menurut saya adalah media organisasi. Karena apa? Jelas menurut teori dan realita ketika informasi itu disampaikan secara langsung tanpa penghalang, maka informasi yang disampaikan oleh informan dapat diterima dengan baik oleh Audien. Penguatan karakter/karisma seorang informan/da’i dapat dirasakan oleh audien secara nyata.

No comments:

Post a Comment